Halaman

Selasa, 12 Maret 2013

CONTOH RPP

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Model pembelajaran aktif Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Kelas / Semester: IV / 1 W a k t u : 1 x Pertemuan(3x35 menit) I . Kompetensi Inti : 5 . Mengenal Ketentuan-ketentuan shalat II. Kompetensi Dasar : 5.1. Menyebutkan Rukun Sholat 5.2. Menyebutkan Sunat Sholat III. Indikator : 1. Menjelaskan pengertian Sholat 2. Menyebutkan pengertian Rukun Sholat 3. Membacakan Rukun Sholat yang termasuk Qauliyah 4. Menyebutkan Rukun Sholat yang termasuk fi’liyah 5. Mendemontrasikkan gerakan Rukun fi’liyah 6. Membedakan duduk Tawaruk dan Iftiras 7. Melafalkan bacaan yang disunatkan sesuai gerakan 8. Menyebutkan arti Tuma’ninah dalam shalat 9. Mengamalkan Sholat Fardu dengan Rukun Sholat yang benar. IV. Tujuan Pembelajaran: Siswa memahami ketentuan-ketentuan Sholat dan mengamalkannya dalam dalam kehidupan sehari-hari. V. Materi Pembelajaran: Kaifiyat Sholat. VI. Langkah-langkah pembelajaran: A.Kegiatan Awal 1.Salam, berdo’a 2.Penjelasan singkat tentang Rukun dan Sunat Sholat 3.Pembagian LKS kepada setiap kelompok B.Kegiatan Inti 1.Siswa secara bersama menyimak LKS dalam kelompok masing-masing. 2.Siswa membaca buku paket dan mencatat temuan pada buku masing-masing. 3.Siswa mendiskusikan temuan –temuannya dalam bimbingan guru. 4.Hasil kesimpulan diskusi secara berurutan dituangkan dalam LKS. 5.Wakil dari setiap kelompok melaporkan isi LKS yang ditanggapi kelompok lainnya. 6.Anggota kelompok memberikan argumentasi terhadap isi LKS masing-masing. C.Kegiatan Akhir/Penutup 1.Mengadakan umpan balik. 2.Mengadakan perbaikan terhadap hasil LKS yang belum sesuai harapan. 3.Memberikan Tugas PR dan mengulangi kembali di rumah. VIII . Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi dan tugas IX . Sumber : Buku Paket, buku tuntunan Sholat dan Fiqih Sunah jilid I X . Evaluasi/Penilaian Bentuk : Lisan dan Tulisan Jenis : Isian dan Esay 1 . Jelaskan apa pengertian Sholat itu ? 2 . Apa yang di maksud Rukun Sholat? 3 . Coba bacakan Surat Al-Fatihah dengan benar ? 4 . Sebutkan 4 Rukun Sholat yang termasuk Fi’liyah ! 5 . Peragakan bagaiman cara Sujud yang benar dalam Sholat ! 6 . Duduk Tasyahud awal disebut duduk …………… dan duduk Tasyahud akhir disebut …… 7 . Bacakan do’a ketika duduk diantara dua sujud dengan benar! 8 . Apa pengertian Tuma’ninah ? 9 . Hukumnya orang Sholat tidak baca fatihah ialah …………… Bandung , Maret 2013 Mengetahui Kepala SD ……….. GPAI ____________ ____________ NIP. ………………. NIP. abdulharis0108@gmail.com/tasaba24@yaho.com HP. 081394939925 dan 083822360377 KHUSUS UNTK GPAI SUKAJADI, CIDADAP dan CIBEUNYING KALER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar